Minggu, 25 November 2012

Croissant



Sunday sante di rumah , pagi tadi udah niat mau uplek di dapur. Kebetulan banyak keponakan lagi nginep
jadi perlu bikin cemilan buat mereka. Jadi lah bangun tidur saya mulai ngadon croissant, ga pake otot kawat
tapi pakai mikser bosch hemat tenaga :D

Croissant adalah roti khas Perancis yang arti nya bulan sabit, roti ini biasa di sajikan untuk sarapan. Croissant di buat
plain tanpa isi dan di sajikan dengan olesan butter atau selai. Orang perancis biasa menyantap croissant dengan
minumam cafe au lait atau kopi susu panas yang tidak terlalu kental. Asik banget kan buat memulai pagi yang indah.

Sekarang ini croissant dapat dengan mudah di  beli di hampir semua bakery , dan sudah di isi dengan aneka bahan
misalnya coklat , keju , almond dll . Croissant ini juga enak dibuat seperti sandwich , di isi daging , keju dan sayuran.
Croissant begitu terkenal karena rasanya yang crispy gurih di bagian luar dan lapisan serat nya yang lembut. 

Untuk membuat croissant ini harus sabar dan butuh tenaga extra untuk menggilas adonan , tapi semuanya terbayar
deh saat mencium aroma croissant yang keluar dari oven , serasa dapur kue berubah jadi bakery terkenal ..

Bikin yuuuk ....

CROISSANT

Bahan:
500g terigu protein tinggi
11g ragi instan
1 sdt garam
250 _ 275 ml susu cair
250 g korsvet / pastry margarine

Cara membuat:
1. Aduk terigu, ragi instan, garam dan susu cair sampai menjadi adonan yang kalis elastis.
    Bulatkan kemudian pipihkan , tutup plastik dan simpan dalam kulkas selama 30 menit
2. Lapisi pastry margarine dengan pelastik , kemudian gilas supaya agak pipih , sisihkan.
3.Keluarkan adonan dari kulas gilas bentuk segi empat, letakkan pastry margarine di bagian tengah
    tutup seperti amplop, masukkan kembali ke kulkas 20 menit.
4.Gilas adonan menjadi persegi panjang , kemudian lipat 1/3 bagian adonan ke tengah, tumpuk dengan
    1/3 adonan lagi di bagian atas nya , ini di sebut lipatan single. Istirahatkan adonan di kulkas 20 menit.
5.Ulangi proses lipat single itu sampai 3 kali.
6. Terakhir gilas adonan persegi panjang setebal  3mm , kemudian potong segitiga, gulung adonan menjadi
     bentuk bulan sabit. Gunakan pisau yang tajam ya..
7. Susun adonan di atas loyang , olesi permukaannya dengan telur diamkan 30 menit
8. Oven selama 25 menit dengan suhu 200 derajat , sampai matang kecoklatan.


salam roti hangat di dapurku
aRni kukis lucu
www.viani-cookies.blogspot.com


Panettone Bread

Hujan gluduk angin kencang gini  makan roti anget fresh from the oven tuh nikmat banget.
Saya pilih bikin panettone bread ini selain penasaran sama rasanya sekaligus mau ngabisin
stok buah kering yang ada di kulkas.

Panettone bread ini roti tradisional Italia yang pertama kali di buat di Milan tahun 1940, kemudian
roti ini jadi ngetop ke seluruh daerah di Italia. Panettone ini roti yang lembut padat harum lemon
dengan bahan isi buah buahan kering . Ciri khas roti ini adalah retakan di permukaan roti yang
membuat roti ini jadi sexy :D .

Ada banyak cara untuk menyatap panettone bread bisa di iris tipis atau tebal , di makan dengan
krim atau di celup ke dalam susu hangat itu semua tinggal selera masing masing saja. Panettone
ini biasa di kemas cantik dan menjadi hantaran natal. Siapa bisa nolak di kasih roti yang menggiurkan
kaya gini .

Yuk simak resep nya,..


Panettone (traditional Italian christmas bread)
Source: The Worldwide Gourmet


Ingredients
- 1 1/2 cakes of fresh baker's yeast
- 65 ml (1/4 cup) sugar
- 6 tbsp. warm water
- 6 egg yolks
- Finely grated zest of 1 lemon
- A pinch of salt
- 500-750 ml (2-3 cups) flour
- 100 ml (6 tbsp.) diced candied peel
- 100 g (6 tbsp.) + 2 tbsp.butter
- 4 tbsp. sultanas
- 4 tbsp. currants
- 1 tsp. vanilla

terjemahan bebas ala aku :

11g ragi instan
50g gula pasir
125 ml air hangat _ saya pakai susu
6 kuning telur
1 buah lemon di parut kulit nya
1/2 sdt garam halus
400g terigu protein tinggi
100g mentega
100g kismis
50g cherry merah di potong kecil __ rendam cherry dan kismis dalam jus jeruk supaya lembab
1 sdt vanila pasta

Cara membuat:
1. Ragi , susu hangat dan 1sdm gula di campur jadi satu diamkan 3 menit, kemudian aduk rata dan diamkan
    selama 5 menit di tempat yang hangat sampai mengembang 2 kali lipat.
2.Campur adonan ragi dengan kuning telur, kulit jeruk lemon parut dan garam , aduk rata. Masukkan tepung terigu
   secara bertahap sambil di uleni sampai adonan lembut.
3. Masukkan mentega ke dalam adonan uleni terus sampai kalis elastis.
4. Bulatkan adonan kemudian taruh di dalam wadah yang telah di oles mentega, diamkan 45 menit.
5. Kempiskan adonan  masukkan buah kering yang telah di tiriskan dari jus rendaman. Uleni supaya tercampur rata.
6.Siapkan loyang bulat diameter 16cm , olesi mentega dan lapisi sekeliling loyang dengan kertas roti.
7. Masukkan adonan roti , diamkan 15 menit. Kemudian olesi bagian atas roti dengan mentega , toreh permukaan roti
    dengan pisau supaya saat di bakar roti akan merekah.
8. Oven roti dengan  panas 200 derajat selama 10 menit, kemudian turunkan suhu nya 180 derajat dan lanjutkan memanggang
    selama 20 menit sampai roti matang.
9. Olesi permukaan roti dengan mentega, siap di hidangkan


salam roti hangat
aRni kukis lucu
www.viani -cookies.blogspot.com


Kamis, 04 Oktober 2012

Rainbow Cookies

 
 
Cookies hias bukan sesuatu yang baru di dapur saya , Hampir tiap hari bikin kukis hias pesanan
Kemarin sore saat melihat sisa adonan kukis saya memutuskan  membuat rainbow cookies
untuk menutup setoran week ini 

Bikin kukis mudah , tapi saat menghias tangan harus tenang tidak boleh gemetar supaya hasil
hiasannya rapi ya . kekentalan adonan royal icing pun berpengaruh kalau terlalu cair akan melebar
ke mana mana , kalau terlalu kental susah rata nya . Jadi yang sedang sedang sajaaa , semakin
sering bikin akan tau perbedaan nya.




Yuk ngukis yuk...

Rainbow Cookies

Bahan:
300g mentega __  Mentega + margarine di campur
100g gula halus
2 kuning telur
450g terigu
25 g susu bubuk
1sdm maizena

Royal Icing:
50ml putih telur
225g gula halus ( saya pakai fiesta)
1sdt air jeruk nipis
pewarna merah , kuning , orange, hijau, biru dan ungu ( saya pakai wilton)

Cara membuat:
1. Kocok mentega dan gula halus sampai tercampur rata, masukkan kuning telur, aduk.
2. Masukkan terigu , maizena dan susu bubuk sambil di ayak  kedalam adonan mentega
     aduk dengan spatula atau sendok kayu.
3. Siapkan 2 lembar plastik , gilas adonan kue kemudian cetak dengan cookies cutter
     bentuk bunga.
4. Susun kue di atas loyang yang sudah di alas dengan kertas roti
5. Oven kue dengan suhu 140 derajat sampai matang

Royal Icing
* Kocok putih telur dan gula halus sampai kental tapi masih cukup cair __ bingung deh _
tanda nya kalau di ambil dengan sendok adonan kental tapi masih bisa meluncur.

* Bagi 6 royal icing  (sisakan sedikit warna putih)
* Beri pewarna , aduk rata kemudian masukkan ke dalam plastik segitiga.

Cara menghias:
Warnai satu persatu kelopak bunga sesuai urutan warna pelangi , sisihkan sampai agak kering.
kasih royal icing putih di tengah bunga
Kemudian buat outline kelopak dari royal icing sesuai warna pelangi

Setelah semua kukis selesai di hias , oven lagi selama 10 menit dengan suhu 140 derajat



salam pelangi di dapurku
aRni

Sentiling Pelangi


Siapa mau di sentiling :) eh itu mah di sentilin ya ..
Kue ini aku buat hari minggu pagi kemarin buat temen ngopi suami di rumah , trus aku nya kabur piknik
sama teman teman rumpi

Menurut internet sih kue sentiling ini tercipta tahun 1914, udah lama yaa. Saat itu di kota Semarang
ada acara Koloniale Tentoonstelling yang lidah Jawa nyebut nya jadi pasar malam sentiling. Saat itu
penganan dari  bahan baku  singkong ini menjadi salah satu oleh oleh dari pasar malam itu, Nah mulai
saat itu penganan ini di beri nama Sentiling.

Aku dapat resep sentiling ini dari tanteku , kalau tante sih bilang nya ini singkong pelangi. Apapun nama
penganan nih  yang penting rasa nya enak dan tidak pernah bosen makan nya

Sentiling atau Singkong Pelangi
source : tante nya aRni

Bahan:
1 kg singkong parut halus
400g gula pasir
400g air
1 bungkus agar putih
1/2sdt garam
1sdt vanila pasta
pewarna merk cross merah, kuning, hijau, biru dan ungu

1/2 kelapa muda di parut
1/4 sdt garam
* aduk rata garam dan kelapa , kukus 15 menit

Cara membuat:
1. Aduk singkong parut, agar bubuk, air , garam dan vanila sampai rata
2. Bagi menjadi 5 bagian  beri pewarna secukup nya. ( kue kukus akan berwarna lebih gelap setelah matang)
3. Siapkan loyang segi empat 20x 20 oles dengan minyak goreng dan alasi bagian bawah dengan plastik .
4. Tuang adonan pertama , ratakan  kemudian kukus 10 menit
5. Tuang adonan kedua kukus lagi 10 menit lakukan sampai semua adonan habis, kemudian kukus kue 20 menit.
6. Biarkan kue sampai dingin ,baru keluarkan dari loyang.
7. Potong kue dengan pisau yang di alasi plastik.
8 Sajikan kue sentiling dengan taburan kelapa parut
note : kelapa bisa juga di ganti dengan keju parut .. sensasi tradisional dan modern lah rasanya


salam pelangi di dapurku
aRni

Rainbow bangket

 
Kue bangket ini termasuk salah satu kue kering yang gampang pengerjaan nya cumaaaa
perlu kesabaran saat mencetak dan kekuatan jempol tangan buat menekan adonan sampai
padat . Kalau adonan kurang padat saat di ketuk keluar dari cetakan adonan bangket akan buyar.
jadi mari tekan yang kuat. Satu resep ini menghasilkan 112 buah bangket , kebayang  ga sih jempol
bisa cenut cenut  # lebaaay koq saya :))

Cetakan bangket  terbuat dari plastik , sama dengan cetakan kue satu. Ada di jual di toko ani satu paket
itu ada 4 cetakan motif nya beragam , ada bunga , daun , kerang  dll  __ bukan sales toko ani ya _

Rainbow Bangket
souce : nadrah sahab

Bahan :
500g sagu tani
150g gula halus
100 gr mentega
75ml susu kental manis
pewarna kuning, pink, orange,hijau , biru dan ungu
saya pakai merk cross

Cara membuat:
1.Sangrai tepung sagu dengan 2 lembar pandan sampai kering dan tepung terasa ringan
2.Aduk mentega, gula halus dan susu kental manis sampai tercampur rata
3. Masukkan tepung sagu yang telah dingin , aduk sampai benar benar rata , adonan memang terasa seperti pasir
4. Bagi adonan menjadi 6 , kemudian beri pewarna aduk sampai warna merata.
5. Masukkan adonan ke cetakan bangket , tekan dengan jempol tangan sampai padat.
6. Ketukkan cetakan ke atas loyang
7. oven adonan 10 _ 15 menit
8. Biarkan kue sampai dingin di atas loyang , kemas ke dalam stoples

note : Gunakan sagu tani asli ya , bukan tapioka merk pak tani .
           hasil bangket akan lebih keras jika pakai tepung tapioka
 
 kalau mau coba resep bangket enak yang lainnya ..jalan jalan ke web ini ya
 
 

salam rainbow bangket
aRni

Rainbow Egg Rolls


Egg roll ... manis renyah dan bikin ketagihan ..
Salah satu cemilan favorit krucil dan papa nya , kali ini di bikin berbeda dengan warna warni pelangi yang cantik. Masih untuk ikut rainbow week nya ncc, kali ini aku emang kaya nya niat banget ikutan challenge ini karena jujur aja tergiur sama hadiah nya. Tau ga hadiah pemenang utama tuh Tokebi , belum tau apa itu tokebi ? ga gauuul nih sama tv shopping hehe bisa lihat di sini ya 

Selain nguber hadiah aku juga suka aja dengan tantangan ini kaya nya meriah gitu semua makanan menjadi warna warni . Tapi ingat ya kita harus pakai pewarna yang food grade. Banyak debat soal pewarna yang termasuk bahan kimia, menurut aku sih selama di pakai dalam batas wajar tidak akan berbahaya koq. Bisa aja kita bikin pewarna dari bahan alami tapi pastinya akan sedikit lebih memakan waktu proses pembuatannya, dan ga semua makanan cocok dengan rasa pewarna alami tersebut.

Aku pake resep ncc , seperti biasa adonan di bagi 5 warna , entah kenapa
warna orange selalu menghilang dari pelangi ku hahaha..

Aku bikin egg roll ini pake alat yang listrik, supaya dapat warna yang cantik
waktu bakar nya hanya sebentar saja asal matang langsung di gulung..
karena kalau agak lama sedikit warna egg roll nya berubah agak kecoklatan.
Jadi setelah semua egg roll tergulung , aku oven lagi sebentar supaya egg roll
nya renyah. Kalau bikin egg roll warna original sih di bakar sampai matang di alat saja



EGG  ROLL
source : NCC

Bahan A:
4 btr telur
150 gr gula pasir
1 sdt cake emulsifier 
Bahan B:
150 gr tepung terigu
2 sdm tepung sagu
1 sdt baking powder
1 sdm susu bubuk
Bahan C:
100 gr margarine, leleh
Cara Membuat:
  1. Kocok bahan A hingga mengembang dan kental, masukkan bahan B aduk rata, lalu tuangi bahan C, aduk balik hingga rata.
  2. Bagi adonan menjadi 5 , kemudian beri warna merah, kuning, hijau, biru dan ungu.
  3. Panaskan cetakan Egg Roll, tuang 1 sdm adonan dibagian tengah, segera tutup cetakan dan biarkan lebih kurang 30 detik hingga adonan matang.
  4. Buka cetakan, lalu gulung cake dengan bantuan sumpit. Angkat biarkan dingin, lepaskan dari sumpit. Lakukan hingga adonan habis.Kemudian setelah semua adonan jadi , oven sebentar untuk membuat egg roll menjadi renyah sempurna
  5. Kemas dalam toples rapat.
cara menggulung egg rolls bisa di lihat di web ncc

salam egg roll pelangi
aRni

Bolu Kukus Pelangi


Hari ini lagi galau .. kaya abegeh aja ya, banyak posting blog yang tertunda padahal foto sudah di edit tapi tiap buka halaman blog mau nulis susah sekali merangkai kata. Tapi harus di paksa supaya ga basi deh cerita nya. Bolu kukus pelangi ini di buat untuk acara rainbow week ncc , kenapa aku pilih bolu kukus ? Karena bahan nya tuh mudah di dapat dan cukup murah tapiii jarang banget yang bikin bolu kukus mekar sempurna. Dan saya adalah salah satu yang berhasil * jingkrak jingkrak

Bolu kukus ini begitu menggoda untuk di taklukkan , ada beberapa point penting sih yang harus di perhatikan:

Tips dari mba Yanti Saleh dan mba Dyah Ayu tuh penting dan berguna banget..
inti nya kurang lebih seperti ini:
# Adonan bolu kukus harus di kocok sampai kental sekali
# Kukusan harus panas sekali , karena untuk membuat bolu kukus mekar di perlukan uap
   air yang banyak . jadi gunakan api besar
# Jangan mengisi kukusan dengan cetakan terlalu banyak supaya setiap kue dapat uap air 
   yang cukup.
# Isi adonan sampai penuh setinggi cetakan
# Kukus selama 20_25 menit 

Yuk yang belum berhasil coba lagi ... ga gemes apa liat warna bolkus cantik ini ?
Saya memakai perisa pasta golden brown untuk mendapatkan warna pelangi
yang cantik , selain itu bolu kukus pun jadi haruum sekali, nyaaaaam

Dari satu resep ini jadi 16 bolu kukus ... begitu matang saya selamatkan dulu 6 bolu
untuk di foto , sisa nya di serbu 2 anak dan 3 keponakan saya yang kebetulan baru pulang
sekolah  ... dapat 2 jempol plus pesan , besok bikin  pelangi lagi ya :D


Bolu Kukus Pelangi

Bahan:
2 butir telur
200g gula pasir
1 sdt sp / emulsifier
200g terigu protein sedang
25g santan bubuk _bisa di ganti susu bubuk
100ml santan instan
100ml munuman soda /sprite
1sdt vanila pasta
perisa pasta golden brown
merah, kuning, orange, hijau, biru dan ungu

Cara Membuat:
1. Kocok telur, gula dan emulsifier/sp sampai kental
2. Masukkan terigu, santan instan dan sprite, kocok lagi sampai adonan benar benar kental .
3. Bagi adonan menjadi 6 , beri pasta secukup nya, masukkan adonan ke dalam plastik segitiga
4. Semprotkan adonan ke dalam cetakan bolu kukus yang telah di alas dengan papper cup ,
     bergantian di mulai dari warna merah di bawah sampai ungu paling atas. atau kebalikannya
     ungu paling bawah sampai merah paling atas.
5. Kukus adonan selama 20_25 menit dengan api besar


salam pelangi di dapurku
aRni


Kamis, 30 Agustus 2012

Roti Tawar Rainbow Bohay


Roti pelangi genit ini  sengaja di bikin untuk ikut even rainbow week nya ncc. Setelah semedi 7 malam ( lebay), saat bangun pagi langsung aku  nimbang  bahan roti tawar trus di cemplung ke dalam wadah nya mas Bosch , hehehe iyalah kalau ngulen pake tangan perkasa mah males .

Setelah adonan kalis baru deh di timbang trus di bagi jadi 6 bagian , masing masing di beri pewarna yang food grade yaa, merah , kuning , hijau, biru dan ungu . kebetulan pewarna orange nya habis jadi yang satu bagian di biarkan tetap putih saja.

Ternyata membuat warna yang solid di adonan roti itu tidak gampang perlu waktu yang lumayan untuk menguwel uwel adonan supaya warna tercampur rata. Tapi setelah jadi hasil nya memuaskan sekali , warna nya cantik.

Sengaja di beri nama roti tawar rainbow bohay karena roti ini saat aku keluarkan dari cetakan  bentuk nya padat mengembang dan empuk sekali , pengen segera di nikmati deh , kalau kata suami ku roti nya bohay seperti yang buat :))



Roti Tawar Rainbow Bohay

bahan :
500g terigu protein tinggi
11g ragi instan
50g gula pasir
1 butir telur
25g susu bubuk
1sdt garam
60g mentega
225ml air
pewarna : merah , kuning , hijau , biru dan ungu _ saya tidak pakai orange karena habis
jadi 1 bagian adonan tetap berwarna putih.

Cara membuat:
* Campur terigu, gula, telur, susu bubuk, ragi instan dan air. Uleni sampai adonan menggumpal ,
kemudian masukkan mentega dan garam. Uleni terus sampali adonan kalis elastis.

*Bagi adonan tadi menjadi 6, kemudian tiap adonan beri dengan pewarna merah, kuning, orange, hijau
biru dan ungu uleni sampai warna tercampur rata.

* Diamkan adonan selama 30 menit sampai mengembang.
* Gilas memanjang masing masing adonan, kemudian tumpuk .
* Gulung adonan roti sampai rapi, masukkan ke dalam loyang.
* Oles permukaan roti dengan susu cair, diamkan selama 1 jam
* Oven roti 20 menit sampai matang.
* Iris roti dengan pisau yang tajam , hidangakan sesuai selera


salam roti bohay

Sabtu, 11 Agustus 2012

Puding Coklat



Hai .. hai ..
Apa kabar semua ? Senang nya kita sedang di bulan Ramadhan  ,  ga terasa tinggal 8 hari sebelum lebaran. Aku lagi sibuk berenang di adonan kue kering # lebay . Tahun ini Alhamdulillah bisa merasakan puasa dan insya Allah lebaran bersama suami, karena tugas pekerjaan membuat kami jarang bisa merayakan hari lebaran sekeluarga.

Karena suami ada di rumah aku sengaja nggak mau terima pesanan kue kering terlalu banyak , pengen khusuk ibadah dan ngurus suami hehehe. Kebetulan aku juga di percaya untuk bantu event demo nastar keju dari kraft selama 12 hari di beberapa hypermaket. Lumayan buat pengalaman dan kerjaan nya menyenangkan. 

Nah kebetulan kemarin bikin puding coklat , yang jadi favorit anak dan suami ku . Pas deh buat update blog yang seting banget di cuekin sama yang punya ..
Puding coklat ini gampang membuat nya tapi rasa nya membuat lidah berdansa deh.  


 

PUDING COKLAT
by aRni kukis lucu :D

Bahan :
1 liter susu coklat
100g gula pasir
1 agar bubuk warna coklat
50g coklat bubuk
1sdm maizena
1 kuning telur

Cara membuat:
1. Aduk semua bahan sampai rata dengan pengocok telur / baloon whisk di dalam panci.
2. Panaskan bahan puding sampai mendidih sambil terus diaduk.
3. Basahi cetakan puding dengan air, tuang adonan puding , biarkan sampai membeku. 

Bahan Vla:
500ml susu cair
100g gula pasir
2 kuning telur
25gr maizena
2sdt vanila pasta

Cara Membuat :
1. Aduk semua bahan sampai rata dengan baloon whisk.
2. Rebus bahan puding sambil terus di aduk hingga mendidih dan adonan mengental, sisihkan hingga dingin




Minggu, 22 April 2012

IDFB # 4 Sambal Bajak

Sebagai orang Indonesia asli pastilah doyan sambal. Kalau ngga ada sambal di meja makan sepertinya ada yang kurang gitu. Setiap daerah punya sambal khas yang menjadi andalan dan kadang suka bikin kangen kampung halaman untuk yang sedang tugas di luar negeri.  Aku termasuk penggemar sambal  tapi suka malas kalau di suruh ngulek sambal hehehe. Untuk gampang nya sih suka di haluskan pake food processor.

Sambal bajak ini aku buat untuk ikutan event IDFB challenge #4 yang di adakan group Indonesian Foodblogger. Group ini tempat nya food blogger sharing aneka kuliner seru deh, tiap hari liat foto makanan enak wara wiri di layar FB. Hayuk pada ikutan group ini...


Sambal bajak ini khas dari jawa rasa nya pedas manis sedikit gurih karena ada campuran daging giling dan santan. Yang pasti bikin bikin ketagihan dan bisa ngabisin nasi putih sebakul * upsst *


SAMBAL BAJAK
source: primarasa

Bahan:
250 gr cabe merah giling halus
75 gr daging giling
3 daun salam
3 batang sereh
8 daun jeruk
150 ml santan
3 sdm air asam jawa
2 sdm gula merah
100 ml minyak goreng

bumbu halus:
10 bawang merah
5 bawang putih
1 sdm terasi
1 sdt garam

Cara membuat:
1.  Sangrai daging giling sampai kering , sisihkan.
2. Tumis cabe merah , daun salam , sereh dan daun jeruk sampai harum.
3.  Masukkan bumbu halus, tumis sampai bumbu matang.
4. Masukkan santan  aduk sampai mendidih
5. Kecilkan api masukkan air asam jawa dan gula merah, masak terus sambil di aduk sekali kali hingga sambal kering dan berminyak.

Note: daging giling bisa di ganti kerang atau udang

Jumat, 30 Maret 2012

Donat



Dari kemarin mahasiswa sibuk demo supaya BBM tidak naik, agendanya sih membela rakyat. Tapi aneh dan lucu mereka malah merusak fasilitas umum yang di pakai rakyat. Mereka sibuk berteriak atas nama rakyat Indonesia, tapi sayang kalian sering membuat kami ngeri dengan kerusuhan yang kalian buat. Kalian mahasiswa kaum yang terpelajar jangan mau di samakan dengan preman donk.

Gemes liat berita TV, yang dari pagi isi nya tentang demo semua. Jadi sementara mereka demo di DPR aku memlih demo bikin donat aja deh di dapur. Yang membuat pasukan di rumah senang he he he. Sebenar nya sering banget bikin donat tapi malas aja rasanya untuk foto si donat. Tapi karena udah bikin janji sama diri sendiri supaya blog nya nggak boleh nganggur lama, marilah kita abadikan donat empuk dan enak ini.



DONAT

Bahan:
500 gr terigu protein tinggi /cakra
75 gr gula pasir
11 gr ragi instan
1 sdt baker bonus
1/2 sdt ibis blue ___ saya pakai 40 gr otentic dolce untuk pengganti ragi, baker bonus dan ibis blue.
3 kuning telur
225 ml susu cair
100 gr mentega
1 sdt garam

Gula donat untuk taburan

Cara Membuat:
1. Campur terigu, gula pasir,( ragi instan, baker bonus dan ibis blue) __ saya pakai otentic dolce.
2. Masukkan kuning telur dan susu cair , aduk sampai kalis.
3. Masukkan mentega dan garam , aduk sampai adonan kalis elastis.
4. Diamkan adonan selama 45 menit.
5. Kempeskan adonan , potong dan timbang 40gr, bulatkan
6. Diamkan adonan 15_30 menit ( tergantung cuaca), lubangi bagian tengah donat.
7. Goreng donat dengan api sedang sampai kecoklatan
8. Taburi dengan gula donat.

Link

Kamis, 29 Maret 2012

Ayam Kecap


Hampir tiap pagi selalu mikir mau masak apa ya ? Menu ayam cukup sering tampil di meja makan, kadang bosan juga masak menu yang sama berulang kali. Tapi kalau itu permintaan anak anak ya sudah deh emak nya nurut aja. Ayam kecap salah satu menu sering di pilih anak anak. Aku sih ga masalah karena gampang dan cepat masak nya.

Hari ini masak ayam kecap lagi deh , bukan permintaan anak sih tapi aku yang lagi ga mood berlama lama di dapur. Udara Jakarta lagi ga bersahabat, panaaas jadi pengen masak yang cepat aja deh. Ayam kecap cocok di padukan dengan sayuran tumis seperti capcay. Tapi capcaynya nggak sempet di foto udah keburu lapar he he he..

AYAM KECAP

Bahan:
1 ekor ayam potong 16
1/2 sdm air jeruk nipis
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 bawang bombay iris tipis
4 siung bawang putih di memarkan
1 ruas jahe memarkan
75 ml kecap manis
1/2 sdm kecap inggris
3 cabe hijau buang biji nya , iris tipis
garam dan merica secukup nya
air secukup nya

Cara membuat:
1. Cuci bersih ayam lumuri dengan air jeruk nipis garam dan merica.
2. Goreng ayam sampai kecoklatan
3. Bawang bombay, jahe dan bawang putih sampai harum, beri sedikit air biarkan mendidih.
4. Masukkan kecap manis, kecap inggris dan ayam yang telah di goreng , bumbui dengna merica dan garam. Masak sampai ayam matang dan bumbu meresap.
5. Sebelum di angkat masukkan cabe hijau iris , aduk rata.
6. Ayam siap di hidangkan




Rabu, 28 Maret 2012

Bubur Sumsum


Jakarta sudah seminggu belakangan ini udaranya panas bener. Semakin bertambah gerah dengan isu BBM yang akan naik. Baru isu aja sudah menbuat harga bahan makanan melambung naik , waduh bikin kepala jadi pusing saja. Mahasiswa menggelar demo di seluruh Indonesia, ga masalah sih cuma jangan anarkis yaa..

Aku juga mau demo masak dulu nih di dapur :). Lagi inget penganan jadul yang sering di buat ibuku. Bubur sumsum murah meriah dan gampang buatnya. Cuma perlu 15 menit aduk aduk di dapur siap di santap deh bubur sumsum hangat.

Aku bikin bubur sumsum ini pakai santan instan, enak sih tapi menurutku lebih gurih yang pakai santan segar deh. Bubur sumsum ini bisa juga di bikin dengan tambahan air daun suji, jadi berwarna hijau dan haruum deh.

BUBUR SUMSUM

Bahan Bubur:
100 gr tepung beras
800 ml air
300 ml santan instan ( kara)
2 lembar daun pandan
1/2 sdt garam

Cara Membuat:
1. Aduk santan instan dengan air, masukkan tepung beras dan aduk sampai tepung larut.
2. Panaskan santan , daun pandan dan garam. Aduk terus sampai adonan kental dan meletup letup. Kecilkan api masak terus sampai adonan mengkilat dan tepung matang.

Sirup gula:
250 gr gula jawa
25 gr gula pasir
50ml air
2 lembar daun pandan
1/8 sdt garam

Rebus semua bahan sampai larut dan mendidih, saring.
Sirup gula siap di pakai

Penyajian:
Ambil satu sendok bubuk taruh di dalam mangkuk, beri sirup gula di atas nya.

Senin, 12 Maret 2012

Klappertaart Wilton


Pertama kali makan klappertaart waktu masih SD di kasih sama tante Olly kapster salon yang nyewa tempat di rumah ibuku. Tante Olly ini asli orang Manado dan suka ngasih kita kue khas Manado. Yang paling sering di kasih tuh panada sama apang coe, rasanya enak deh. Waktu si tante pulang kampung dari Manado, beliau bawa tuh klappertaart asli dari sana. Klappertaartnya di cetak dalam piring kaleng jadul gitu , topping penuh taburan kismis dan kenari. Dan rasa rum nya terasa sekali, he he he. Waktu itu sih kita belum terlalu peduli dengan halal dan haram penggunaan rum dalam kue.

Kita doyan sama klappertaart ini jadi mulai suka beli deh kalau ada yang jual. Rasa klappertaart yang manis, lembut dan harum kayumanis di perkaya dengan kenari dan kismis yang banyak pasti membuat ketagihan. Karena suka aku mulai mencoba untuk buat klappertart sendiri. Ada berbagai versi resep klappertaart tapi semenjak aku gabung dengan milis NCC aku cocok dengan resep klappertaart wilton yang ngetop banget di milis.

Klappertaart wilton ini aku temukan waktu browsing di blog nya Riana, dan langsung nyoba bikin. Hasil nya ludes dalam sekejap. Bahkan sekarang anakku itu bisa ngabisin satu loyang klappertart untuk dia sendiri , gawaaat..

KLAPPERTART WILTON
source: blog Riana

Bahan:
1 liter susu
250 gr gula pasir
50 gr tepung terigu
50 gr maizena
50 gr custard powder
150 gr mentega
6 kuning telur__ bisa di tambah sampai 9 kuning telur
2 butir daging kelapa muda __ saya pakai 4 kelapa
100gr kenari cincang
1/2 sdm kayumanis bubuk
1/2 sdm Rum jika suka ___ saya pakai vanila pasta

Topping:
6 butir putih telur
4 sdm gula pasir
2 sdm tepung terigu
50 gr kismis di rendam air panas, tiriskan
kayumanis bubuk untuk taburan

Cara Membuat:
1. Larutkan terigu, maizena dan custard powder dengan 200ml susu cair
2. Panaskan 800ml susu dan gula pasir, masukkan larutan tepung. Masak sampai mengental sambil di aduk terus sampai meletup letup.
3. Angkat dari api masukkan mentega aduk rata.
4. Beri kayumanis bubuk dan vanila pasta, aduk rata.
5. Masukkan kuning telur satu persatu sambil di aduk.
6. Masukkan daging kelapa muda dan kenari cincang aduk rata.
7. Tuang adonan ke dalam pyrex atau cup alumunium 3/4 tinggi cup, oven sambil di tim selama 15 menit dengan suhu 160 derajat.
8. Kocok putih telur dan gula sampai kaku, masukkan terigu sedikit sedikit sambil di aduk rata.
9. Sendokkan adonan putih telur ke atas adonan klappertaart tadi , ratakan ke seluruh permukaan nya.
10. Taburi dengan kayumanis bubuk dan tata kismis serta kenari cincang.
11. Oven kembali sampai matang dan topping berwarna kecoklatan.

Kamis, 08 Maret 2012

Biji Salak


Biji salak itu penganan yang sudah ada dari jaman nenek moyang nih, apalagi kalau bulan puasa wih paling nggak seminggu sekali ini kolak hadir di meja makan. Ada yang bilang kolak biji salak ada juga yang nyebutnya bubur biji salak. Mana yang bener ? mbuh deh yang pasti kolak ini bukan terbuat dari biji nya salak yang keras itu loh qiqiqi.

Seperti umum nya kolak rasa nya manis, ya kalau asin+ asem nama nya asinan toh ? Aku tuh orang yang paling jarang bikin kolak mengolak begini alasan nya karena rasa yang menurut aku monoton , mau isi nya ubi, pisang, singkong , tape semua kuah kolak rasa nya sama manis bersantan. Tapi berhubung ibu ku selera jaman dulu * sok anak jaman sekarang nih aku * beliau doyan banget kolak terutama si biji salak ini.

Ibu mertua si Tachi kakak ku suka ngirim biji salak ini buat ibuku, karena aku satu rumah sama ibu ya kebagian icip icip donk. Kalau ga salah udah 3 kali tuh ibu ku di kirimin kolak sama besan nya, baik bener deh ah. Bisa di pastikan sih karena ada instruksi kakakku tuh jadi mertuanya sering kirim kirim he he he.

Berhubung bebrapa hari ini aku lagi rajin motret makanan, tadi pagi cek ricek isi kulkas eh masih ada ubi 1kg sisa bikin Daigaku Imo 2 hari lalu. Mari lah kita beraksi di dapur sebentar , sekali kali bikin kolak kesukaan ibuku deh. Bikinnya gampang dan cepat . 1jam udah siap deh kolak kepul kepul di angkat dari kompor.. Selamat makaan



KOLAK BIJI SALAK

Bahan :
750 gr Ubi jalar oranye
75 gr tepung sagu
1/2 sdt garam
350 gr gula jawa
800 ml air
2 daun pandan
1 sdm maizena + 1 sdm air _aduk rata

Kuah Santan :
200 ml kara
100 ml air
2 daun pandan
1/2 sdt garam
1 sdt maizena

Cara membuat
1. Kupas ubi dan cuci sampai bersih, potong potong kemudian kukus.
2. Haluskan ubi dengan garpu selagi panas sampai lembut, biarkan sampai dingin.
3. Aduk ubi halus dengan tepung sagu sampai rata.
4. Ambil satu sendok teh adonan bentuk bulat, sisihkan
5. Rebus air sampai mendidih , masukkan bola bola ubi dan rebus sampai mengapung.
6. Tiriskan ubi yang sudah matang, sisihkan dahulu.
7. Masukkan gula jawa, garam dan pandan ke dalam air bekas rebusan ubi, rebus sampai gula larut kemudian saring.
8. Panaskan kembali air gula masukkan bola bola ubi masak sebentar supaya ubi menyerap air gula. Beri larutan maizena biarkan mendidih. Matikan api.

Kuah Santan:
1. Aduk santan , air maizena dan garam, kemudian masak sampai mendidih.
2 Biarkan sampai dingin.

Cara penyajian :
Taruh kolak biji salak dalam mangkuk beri kuah santan di atas nya.

Rabu, 07 Maret 2012

Butter Chocolate Cookies



Aku jualan kukis hias udah lumayan lama, kalau bikin pesanan pasti lah ada kukis yang tersisa. Nah itu jatah nya anak anak biasa nya , tapi semakin hari mereka udah bosen deh liat kukis hias. Jadi di stoples sering utuh , nah kalau temen nya mereka main langsung deh ludes. Enak banget komentar mereka selalu, " pstt mama suruh pesan sama tante ya :D ".

Kemarin ada yang pesan alfabet kukis nah sisa adonan coklat nya aku cetak bulat kecil deh, emang udah niat mau motret dan update blog. Karena suka ada yang tanya resep dasar kukis yang aku pakai untuk jualan tuh apa? Yo wis monggo kalau mau ikutan bikin ..



BUTTER CHOCOLATE COOKIES

Bahan:
300 gr mentega
150 gr gula halus
2 kuning telur
375 gr terigu protein rendah
75 gr coklat bubuk
25 gr susu bubuk
1 sdm maizena

Cara Membuat:
  • Kocok mentega dan gula halus sampai tercampur rata dan gula larut.
  • Masuk kan kuning telur, aduk dengan spatula/sendok kayu.
  • Campur terigu, coklat bubuk, susu bubuk dan maizena aduk rata, kemudian campur ke dalam adonan mentega sambil di ayak.
  • Aduk rata adonan kukis
  • Gilas adonan di antara 2 plastik, cetak bentuk bulat, susun di atas loyang.
  • Oven dengan suhu 150 derajat sampai matang

Bahan icing:

50ml putih telur

250 gr gula halus kwalitas bagus __aku pakai merk fiesta

1 sdt air jeruk nipis

pasta mocca

pewarna biru + pink

Cara membuat:

  1. Aduk rata putih telur dan gula halus yang sudah di ayak.
  2. Kocok dengan mikser sampai kental tapi adonan masih bisa meluncur dengan cepat jika di ambil dengan sendok.
  3. Beri air jeruk nipis , aduk rata
  4. Bagi 2 adonan icing, yang satu bagian beri pasta mocca. Satu bagian lagi di bagi 2 kemudian di beri pewarna biru dan pewarna pink. Masuk kan ke dalam plastik segitiga ikat rapat.
  5. Ambil icing rasa mocca hias permukaan kue sampai rata, diamkan sampai kering, baru hias dengan pewarna biru dan pink sesuai selera.
  6. Oven kembali selama 10_15 menit untuk mengeringkan icing nya.

Selasa, 06 Maret 2012

Daigaku Imo


Sudah berbulan bulan aku mati suri dalam memotret makanan , males merajalela banget sampai pesanan cookies pun lewat begitu saja dari ritual jeprat jepret * jitak kepala sendiri*. Berasa sih tiap hari liat temen temen pada upload foto makanan yang bikin iri, karena tambah hari foto mereka makin cihuy aja. Sementara aku ilmu motret masih jalan di tempat kaya nya he he he.

Hari ini pengen nyobain cemilan ala Jepang nih, liat blog nya mba Dita ada resep gampang dan penampakan nya menggiurkan. Nama nya lucu Daigaku Imo , apaan sih itu nah biar ga penasaran silahkan baca keterangan nya deh dari salah satu link di om gugel

In the fall, many universities throughout Japan have big festivals called 大学祭 daigaku-sai, meaning university festival, or 文化祭 bunnkasai, Culture Festival. They are basically street fairs held on campus, with lots of food and fun stalls, concerts, even ghost houses and amusement rides. Many of the big ones also hold concerts in which top Japanese singers and bands appear. Daigaku Imo, which means University Potato, are candies sweet potatoes, a sweet and slightly savory snack that is often served at university festivals in Tokyo. (http://www.justhungry.com/daigaku-imo-japanese-university-sweet-potatoes)

Yuk bikin yuuuu , ga perlu ke Jepang dulu kan ? Cukup ke pasar beli bahan trus utak atik di dapur deh. Ini resep aku copas dari blog mba Dita ya


Daigaku Imo
Source : http://yummy-corner.blogspot.com/2011/12/daigaku-imo-japanese-candied-sweet.html
Ingredients:

1 lb satsumaimo sweet potato, cut into bite-size pieces
1/3 cup sugar
1 tsp soy sauce
2 Tbsp water
1-2 tsp sesame seeds
Vegetable oil for frying


Method :
1. Heat oil in a deep pan to about 330 degrees F and deep fry sweet potatoes until cooked through and golden. Drain on paper towels.
2. Mix water, sugar, and soy sauce in a large skillet.
3. Put on medium-low heat and simmer until the liquid thickens.
4. Stop the heat and quickly stir fried sweet potatoes into the sugar sauce.
5. Sprinkle sesame seeds over the sugar coated sweet potatoes.

Notes : Take the potato pieces out of the oil, drain and immediately put the piping hot pieces into the sugar syrup mixture (don't wait until the sweet potatoes get cold, when I did this, the potato pieces turned limp and the caramel cannot coat it evenly). Be careful - both the potatoes and sugar are very hot! Mix and toss to cat the potato slices. Sprinkle with sesame seeds. Separate the potato pieces so they don’t get stuck to each other.


Jumat, 24 Februari 2012

Mingle Cookies



Cookies ini pesanan mba Ivone dan Mas Drajat untuk acara mingle tgl 26 nanti.
Pesan nya udah dari 2 minggu lalu, minta tgl 20 sudah siap cookies nya. Karena
mau di bawa keluar kota, Oke mba aku siapkan. Tanggal 20 aku tunggu koq ngga
ada yang ambil cookies nya.

Aku sms mba Ivone jiaaa calon suami nya lupa lewat tebet nggak
mampir rumah ku . Akhirnya ini cookies di ambil tgl 21 tengah malam , jam stgl 12
mereka baru nyampe rumah ku .

Mereka senang banget liat warna cookies sesuai sama permintaan mereka, ya bakul
kue kan harus bisa bikin pelanggan nya senang donk.
Semoga pernikahan nya lancar dan selamat untuk kalian berdua ya..


Senin, 06 Februari 2012

Valentine Cookies 2012











Bulan penuh cinta...
Ungkapkan perasaan anda kepada pasangan
dengan kukis hias lucu dan cantik ini.

Dengan 2 rasa pilihan vanila dan coklat, rasa kukis
yang enak dan manis ini mampu mewakili manis nya
cinta anda..

salam
aRni
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...