Minggu, 15 Mei 2011

Speculaas Kenari


Baru sempat nih update blog, setelah semedi di gua batman ngawasin anak ku yang besar belajar untuk Ujian Nasional SD. Alhamdulillah sekarang sudah tinggal tunggu hasil pengumuman aja tgl 18 Juni. Semoga nilai nya sesuai dengan harapan dan doa ya.

Selain karena ngawasin anak belajar , komputer di rumah juga sempet ngambek seminggu. Tiba tiba aja dia mati ga mau nyala, males banget mau bawa service ke ambasador mall. Jadi lah tanya kiri kanan ada ga yang punya langganan teknisi komputer bisa datang ke rumah. Ternyata keponakan aku punya tuh langganan service komputer kantornya. Aku coba telpon duh jadwalnya si Mas Taim itu padat merayap sekali, jadi harus sabar menunggu. Tapi aku suka kerja nya rapi dan cepat gitu , setelah di periksa komputer aku power supplynya udah lemah, sekarang sih udah normal dan lancar lagi.

Aku bikin cookies ini pengen ngabisin bumbu spekuk yang masih banyak , soalnya emang jarang banget bikin kue yang berempah gitu . Karena anak anak kurang suka , tapi kalau cookies biasanya mereka doyan aja tuh :D.

Speculaas ini rasanya manis, harum rempah dan ada kres kres dari kenari yang di cincang, enak deh tapi memang bukan favorit anakku sih. Cookies ini lebih di suka sama nenek nya mereka hahah. Aku pengen deh punya cetakan speculaas yang dari kayu gitu, yang motif nya kincir angin atau ada juga motif orang gitu.Tau kan yang seperti biscuit kemasan merk verkaade itu loh. beli di mana ya kalau di Jakarta ? Huhu kayanya mesti titip teman di Belanda deh.

Ini resep nya ya... aku copy langsung dari web nya NCC


Speculaas Kenari
:: Penulis : Fatmah Bahalwan


Cobain deh, kue kering ini sangat khas Natal, karena rasa rempah spekoeknya yang kuat. Teksturnya kokoh tidak mudah patah. Saya membuatnya dengan kacang kenari utuh yang masih berkulit coklat-coklat. Bila suka lebih manis, boleh ditambah 50gr gula halus dalam resep. Setelah matang Anda bisa hias dengan Royal Icing untuk penampilan lebih cantik.

Bahan:
250 gr Tepung terigu
100 gr Gula palem
125 gr mentega
1 sdm Bumbu spekoek
2 sdm Susu cair
50 gr Kacang Kenari / Kacang Mede, panggang, cincang kasar

Cara Membuat:

1. Kocok gula palem dan mentega hingga lembut, masukkan campuran tepung dan bahan-bahan lainnya, aduk rata hingga adonan dapat dipulung.
2. Gilas adonan setebal 3 mm, cetak sesuai selera dan letakkan pada loyang datar yang telah dioles margarin.
3. Panggang dalam oven dengan suhu 150°C dengan api bawah selama 30 menit hingga matang, angkat.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...