Rabu, 04 Mei 2011

Bolu Kukus Blueberry Keju


Ini bolu kukus bukan untuk ikutan acara NCC week bolkus ya, tapi dalam rangka menghabiskan stock selai blueberry yang masih lumayan banyak. Kenapa bisa gitu ? karena aku suka lapar mata kalau ke tempat bahan kue hahaha. Gawat deh aku selalu ga bisa patuh dengan daftar belanjaan kalau ke toko bahan kue, pasti ada aja yang di beli padahal aku nggak perlu untuk bikin kue pesanan. Blueberry ini rada bingung mau di pakai apa , karena anak ku yang cowo anti semua selai dia ga suka !! kecuali selai coklat * huh coklat lagi *.

Tapi ada seorang makhluk kecil yang pencinta blueberry and he adore me so much * tante yang ge er banget*. Dia tuh keponakan aku namanya Qistan umur 4th , kalau weekand mereka suka mampir ke rumah tebet ya sebulan 2 kali deh. Qistan tuh suka banget Berry Almond Cookies yang aku jual, satu stoples bisa habis sama dia dalam satu hari. Jelas ibu nya panik, takut qistan mual dan ga nafsu makan karena terlalu banyak makan yang manis. Yang pasti sih dia takut kantong nya jebol karena musti sering beli cookies buatan aku hahaha...

Nah kaalau dia datang aku suka bikin kue yang di pakein blueberry gitu deh, Nah waktu bulan lalu aku bikin pizza untuk anak anak . Pizza dough nya di kasih bolognaise sauce trus tabur keju mozzarella yang banyak baru panggang di oven. Cara mudah bikin pizza kalau ada perusuh datang ke tebet dan kelaparan :D. Qistan ini ngambek dia ga mau makan pizza buatan aku, dia minta kue blueberry hiaaa tante lagi nggak bikin kue sayang . Akhirnya pizza dough nya aku olesin selai blueberry dan di kasih taburan keju cheddar parut , oven sebentar daaaaan Qistan ngabisin satu loyang pizza jadi jadian . Kalau udah gitu dia mau tuh di suruh cium aku seratus kali hehehe.

Hari minggu kemarin selain bikin cinnamon roll aku juga bikin bolu kukus ini untuk Qistan yang lucu. Bolu kukus ini rasanya manis, asem dan gurih , karena ada adonan bolu yang manis trus asem nya selai blueberri plus gurih nya santan di campur keju. Nano nano banget ya rasanya? tapi enak koq buktinya baru di angkat dari kukusan aja udah pada nyerbu. Bukan jaminan juga sepertinya pasukan krucil di tebet selalu menyerbu apapun yang aku sajikan.

Resep bolu kukus tuh banyak banget versinya tapi aku paling cocok dengan adonan yang pakai santan. Menurut aku bolu kukus mekar itu kue yang cenderung amis baunya walaupun udah di kasih pasta vanila. Aku pernah nyoba yang menggunakan susu cair, huaaa ga banget deh. Baunya amis total jadi lah cuma di makan dikit doank.. Oh iya di resep ini aku pakai keju yang di parut, tapi lebih baik ganti di potong dadu kecil aja deh. Soalnya waktu udah mateng tuh keju ternyata nggak larut sama adonan jadi di bolu kukus nya kaya ada cacing kecil hiiii geli kan . jadi saran aku gunakan saja keju yang di potong dadu. Eits jangan takut kalau soal rasa boleh di coba lah.

Maaf ya foto bolu kukus nya rada katrok udah mati gaya banget , langit udah mulai gelap dan qistan udah pasang muka pengen makan kue doonk .


BOLU KUKUS BERRY CIZ

Bahan :
2 telur
175 gr gula
1/2 sdm emulsifier merk sp, tbm, starkish dll
300 gr terigu
250ml santan
100 gr keju parut _____lebih baik di potong dadu kecil saja
1 sdt baking powder
3 sdm selai blueberry
sedikit pewarna ungu
2 sdt vanila pasta

Cara membuat:
1. Kocok telur, gula dan emulsifier sampai putih dan kental .
2. Masukkan terigu , baking powder dan santan secara bergantian sambil di aduk rata.
3. Beri keju parut / keju potongan dan vanila pasta, aduk rata. kemudian bagi adonan menjadi 2.
4. Satu bagian adonan tambahkan selai blueberry dan sedikit pewarna ungu, yang satu bagian lagi biarkan tetap berwarna putih.
5. Masukkan adonan kedalam cetakan bolu kukus secara bergantian , satu sendok adonan putih kemudian satu sendok adonan ungu. Begitu terus sampai cetakan penuh.
6. Kukus selama 25menit dalam dandang yang sudah di panaskan sebelum nya.

Note:
250ml santan bisa di ganti menjadi 125ml air soda dan 125ml santan.
bolu kukus yang menggunakan campuran air soda rasanya lebih ringan dan menurut aku mekar nya juga lebih cantik .

Dandang harus sudah panas betul dan beruap yang banyak, jangan kecilkan api setelah bolu kukus masuk. Biarkan api tetap besar supaya uap air yang di hasilkan tetap panas.





Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...