Kamis, 14 April 2011

Chocolate Chips Cookies


Cookies sudah jadi bagian dalam hidup aku, jiaaaah lebay amat. Tapi bener loh, pertama karena saya suka sekali cookies dan sering mencoba resep cookies yang menurut aku menarik. Kalau dulu abang dan kakak aku jadi "tong sampah " hasil karya aku, sekarang anak anak jadi juru cicipnya. Tapi anak anak beruntung karena sekarang cookies yang aku bikin banyak yang berhasil dari pada gagal. Dulu abang aku pernah makan cookies yang rasa nya nano nano alias ngga jelas. Karena kecintaan aku sama cookies makanya sekarang pun aku lebih memilih jualan cookies.

Ada satu jenis cookies yang ngetop banget di negara nya Mr Obama, chocolate chips cookies! Ini cookies wajib buat mereka seperti apple pie for dessert. Banyak sekali resep betebaran *debu kali ah* tentang si coklat crunchy ini. Berbagai resep tapi rasa beda beda tipis lah. Inti nya sih cookies ini rasanya manis dari gula palem / brown sugar di campur butter di kasih tepung dan coklat chip yang banyak. Di jakarta seperti merk Good Time kali yah yang enak untuk cemilan. Kalau di luar sih yang dasyat tuh Famous Amos Cookies eh di Jakarta udah banyak yang jual sih, tapi harga nya lumayan deh secara anak ku kalau makan cookies ini mirip cookies monster nya sesame street hahaha.

Kemarin lagi cek ricek website nya Donna Hay yang keren itu, ada resep chocolate chips cookies. Dan langsung bikin deh, bahan nya mudah dan memang di rumah tukang cookies selalu ada bahan untuk bikin cookies donk :D. Jadi lah siapkan bahan trus langsung mikser adonan. Waktu liat resep agak curiga koq tepung terigu nya rada banyak yah ? Biasa nya untuk beberapa resep cookies cara pengocokkan mentega dan gula tidak boleh terlalu lama supaya cookies tidak melebar kemana mana dan merusak bentuk.

Waktu bikin coklat chip cookies ini aku juga cuma ngocok mentega dan gula sebentar aja, padahal sih di resep di tulis beat until pale and creamy. Dasar sok tau aku nggak ikut petunjuk dengan tepat , waktu masuk terigu baru ngerasa adonan rada berat nih . Lanjut aja adonan aku scoop pake sendok es krim di atas loyang yang udah di alas pake kertas roti supaya cookies nggak pada nempel di loyang , trus oven selama 15 menit . Dan hasil nya sodara sodara ?? Cookies ini bentuk nya gembul dan tidak tipis crunchy . Begitu keluar dari oven masuk ke mulut donk , dari rasa sih enak banget . Lucu deh tekstur cookies nya tuh renyah tapi bagian dalam nya rada padat mirip kue . Ga masalah pasukan di rumah tetep doyaaan.

Harus segera kita foto dulu sebelum hasil karya ini habis masuk mulut para malaikat kecil yang berubah jadi monster cookies . Nah saat aku lagi cari piring untuk tempat cookies nya, aku ingat masih punya ganache dan seperti nya enak juga nih cookies makan nya sambil di colek ke ganache. Untuk resep ganache bisa liat di sini ya . Aldri langsung ngambil 3 cookies di taruh mangkuk dan dia guyur pake ganache .Waks bener bener deh dia tuh biang coklat banget!

Kesimpulan nya sih aku ngga tau apa karena ngocok mentega nya kurang lama, atau memang resep ini kebanyakan tepun ? Karena hasil yang aku bikin ngga sama dengan foto cookies nya Donna Hay. Baiklah sebagai pe-er saja, nanti bikin lagi deh. Eh nanti kalau ada yang udah nyoba bikin kasih tau aku ya hasil nya



Ini resep nya aku copy dari website Donna Hay,

chocolate chip cookies
RECIPE SEARCH

recipes : sweets : biscuits + cookies

chocolate chip cookies

* 180g unsalted butter, softened
* ¾ cup (120g) brown sugar__________aku pake 60gr gula castor +60gr gula palem.
* 1 teaspoon vanilla extract
* 2 eggs
* 2 cups (300g) plain (all-purpose) flour, sifted
* 1 teaspoon baking powder, sifted
* 150g dark chocolate, chopped______aku pakai chocolate chips mini

Preheat oven to 180ÂșC. Place the butter, sugar and vanilla in the bowl of an electric mixer and beat until pale and creamy. Gradually add the eggs and beat well. Add the flour and baking powder and beat until a smooth dough forms. Fold through the chocolate. Roll 2 tablespoonfuls of the mixture into balls, place on baking trays lined with non-stick baking paper and press to flatten. Bake for 12–15 minutes or until golden. Allow to cool on the trays. Makes 12.

3 komentar:

innez mengatakan...

Mbk mau tanya ya?? Cetakan cookies good timex beli dimana ya mbk? Harganya berapa? Makasih

Kiki mengatakan...

Enak mbak cookiesnya, punya saya melebar kok.. Mungkin mbak Viani kurang lama mengocok butter + gula nya..

VIANI COOKIES ( aRni) mengatakan...

ice cream scoop beli di toko dewi , fatmawati harga 125rb kalau ya sama mba innez .

hehe terima kasih sudah coba kukisnya , nanti aku bikin lagi deh mungkin iya kurang lama mba Kiki

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...