Rabu, 30 Maret 2011

Roti Gambang


Siapa suka sarapan dengan roti ? Banyak yang tunjuk tangan pastinya, roti salah satu hidangan praktis yang cukup mengenyangkan. Tapi aku dan anak anak ga terbiasa sarapan sebelum memulai aktifitas pagi hari, kecuali hari minggu. Mereka berangkat sekolah cukup dengan segelas susu saja. Tapi kalau libur tiba duh udah banyak list menu yang mereka minta untuk sarapan . Hari sekolah mereka makan kue atau snack di saat istirahat sekolah. Baru pulang sekolah kita makan siang sama sama.

Roti gambang ini salah satu jajanan tradisional yang keluarga ku suka sekali. Tukang roti sepeda yang lewat depan rumah totet totet biasa nya jual roti gambang. Dari rasa beragam ada yang keras alot, ada yang lembut dan warna nya coklat pekat. Yang suka kita beli sih tukang roti merk Lauw. Tuh roti jadul banget deh , pabrik nya ada di belakang stasiun kereta Gondangdia, kalau lewat situ haruuum nya sampai ke jalan raya loh.

Tapi sekarang lebih sering bikin sendiri, lumayan buat makan pasukan yang selalu kelaparan. Aku udah lumayan sering bikin roti gambang ini , bikin nya gampang dan cepat pula. Paling males kalau nyoba resep yang di baca instruksi nya aja udah njelimet hahah *ogah repot *. Resep ini aku dapat setelah ngoprek blog keren ini di tahun 2008, abis itu ketagihan deh anak anak minta di buatin terus.

Ini resep nya ...



ROTI GAMBANG
resep asli : Femina Online
modifikasi by Riana

Bahan
250 gr gula merah_____aku pakai 250 gr gula palem
175 ml air
375 gr tepung terigu protein sedang
125 gr tepung panir halus
25 gr susu bubuk
2 kuning telur
1/4 sdt garam
2 sdt baking powder
1sdt soda kue
2dt kayu manis bubuk______aku pakai 3sdt * lebih haruuum *
1/4 sdt vanila bubuk __aku pakai 1/2 sdt pasta vanila
50 _100gr margarine * resep asli femina 200 gr mentega_______ aku pakai 150 gr
# mentega ini tergantung selera, semakin banyak mentega semakin empuk roti gambang nya.

3sdm air
3sdm wijen____ aku pakai keju parut secukup nya

Cara membuat
1.Rebus gula merah dan air sampai gula larut dan air mendidih. Angkat biarkan dingin.
2.Campur tepung terigu tepung panir, susu bubuk, baking powder, soda kue, garam dan kuning telur sampai rata. Masuk kan air gula, aduk sampai tercampur rata.
3.Masukkan margarine, aduk kembali. Bulatkan adonan tutup dengan plastik diamkan 30 menit.
4. Buka plastik, timbang adonan @75gr gulung memanjang bentuk oval * aku bikin ukuran 40gr saja*. Susun adonan di atas loyang yang sudah di oles mentega. Beri jarak di antara nya karena roti ini mengembang selagi di oven. Oles permukaannya dengan air tabur wijen.
5. Panggang dalam oven selama 20-30 menit, angkat dan sajikan.



Tapi hari ini aku pakai cara sesat nih . Pagi tadi bangun trus bingung mau bikin bekal apa untuk anak anak ya ? Weits kepikir buat bikin roti gambang, tapi kan kalau harus rebus gula dulu trus tunggu sampai dingin kaya nya ngga akan keburu deh, biasa krucil keburu berangkat sekolah jam 6.15.

Jadi aku kocok aja pakai mikser gula palem , mentega dan kuning telur sampai gula agak larut, jangan sampai mengembang seperti bikin buttercake ya. Nanti adonan jadi terlalu lembek. Setelah gula larut masukkan terigu,tepung panir, susu, garam dan bahan kering lain nya aduk rata dengan sendok kayu. Setelah itu masukkan air, aduk sampai adonan bisa di pulung. Bentuk adonan , diamkan 30 menit. Oles permukaan roti dengan air , tabur keju parut secukup nya. Panggang dalam oven sampai matang.

Hari ini tugas dapurku sukses, anak anak bawa bekal yang mereka suka, *ibu dan nenek ku juga doyan loh, senang nya lihat mereka sarapan roti gambang hangat*. Dan aku bisa punya alasan untuk mengisi blog lagi hari ini...

salam hangat
aRni





2 komentar:

Susan mengatakan...

Dear mba viani,
Mau tanya, dari resep.diatas berarti cara membuatnya harus diuleni ya?
- penggunaan air 175ml tidak membuat keras roti y mba?
- Gula 250gr cukup y mba ga kemanisan?
- Resep diatas jafi brp buah mba?
Tks

VIANI COOKIES ( aRni) mengatakan...

Di aduk rata saja tidak perlu di uleni ,tapi kalau pakai cara saya yg gula tidak di rebus ya gula mentega harus dikocok mixer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...