Senin, 28 Februari 2011

Abon Ikan Roa


Apa kabar semua....
hujan sudah mewarnai pagi hari ini, membuat udara jadi adem cocok buat tidur pulas. Tapi tugas negara membuat aku tak boleh malas . Aku semangattt...

Abon ikan roa ini aku bikin berbarengan dengan masakan ini , karena kerjaan lagi banyak jadi lah baru di posting hari ini , basi banget ya hahaha. Ikan roa ini di kirim dari Manado, jadi terjamin keaslian nya deh. Untuk mengolah ikan roa jadi abon butuh kesabaran dalam memisahkan kulit dan duri ikan dari daging nya. Ikan ini sudah di kering kan sebelum nya dengan proses pengasapan. Ikan roa yang masih mentah aku belum pernah lihat ya , tapi lihat dari penampakkan nya mirip dengan ikan tembang.

Jadi untuk membuat abon roa pertama tama kita buang kepala ikan, kupas kulit nya , dan ambil daging ikan nya sisihkan. Setelah semua daging ikan selesai di siangin masukkan daging ikan ke dalam food processor , dan giling sampai halus. Kalau tidak ada food processor mungkin bisa di tumbuk dengan alu . Tapi hasil nya tidak akan sehalus dengan bantuan food processor.

Setelah ikan halus , baru kita masak jadi abon. Ikan ini bisa juga di buat sambal untuk teman makan pisang goreng . Bisa juga sebagai taburan bubur manado. Rasa ikan ini gurih dengan aroma asap yang kuat. Aku juga pernah memasukkan sesendok makan ikan halus ini ke dalam gulai daun singkong rasa nya enaaak sekali.

Yang perlu di ingat masakan manado selalau kaya bumbu , remah dan rasa pedas yang kuat. Di jamin masakan nya gurih dan nikmat.




ABON IKAN ROA
ala mama kribo

Bahan
Ikan Roa yang sudah halus 1 mangkok
10 bawang merah
5 bawang putih
25 cabe merah keriting
10 cabe rawit merah
1 ruas lengkuas
1 sereh memarkan
2 lembar daun salam
garam , merica secukup nya
Minyak untuk menumis

Cara membuat:
Haluskan bawang merah, bawang putih dan cabe.
Panaskan minyak tumis bumbu halus sampai harum , bersama bumbu rempah.
Masukkan Ikan roa halus , aduk sampai rata dan matang. Pergunakan api kecil supaya tidak hangus.

*Simpan abon roa di dalam botol , kalau mau di simpan agak lama, masukkan ke dalam kulkas.
Enak di makan dengan nasi hangat atau bubur manado*








Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...