Senin, 03 Januari 2011

Ikan Pesmol

Senin pertama di tahun baru ....semangattt buat yang baru masuk kantor, anak anak udah mulai sekolah lagi . Kebayang Jakarta akan super macet dan sibuk , setelah beberapa hari istirahat. Untuk makan siang hari ini Aldri minta menu nya ikan, karena aku hari ini mulai les Ma. Jadi perlu bekal makan siang yang mantaps kata nya gitu tadi pagi . Huahaha....tinggal papa deh manyun *salah sendiri ngga doyan ikan *.

Dari pagi gerimis bolak balik aja, sebentar turun sebentar berhenti...jemuran juga jadi goyang dah keluar masuk . Bawaan nya jadi ngantuk deh. Tapi ayoo mari kita ngulek bumbu untuk pesmol.
Aku punya keponakan nama nya Deedee umur nya 4tahun, dia tuh doyan bener sama Esmol ( dia bilang nya gitu), bawel nyaaaa minta ampun. Kalau ada pesmol dia bisa makan berkali kali , gawat kan. Aku kemarin minta dia datang ke rumah , apa coba jawab nya ? *Tante Arni aku mau main ke rumah nenek asal ada esmol yang banyak untuk aku * Huaaaa dasar bocah gembul.

Hari ini aku bikin pesmol tapi dia lagi sekolah, ntar ya Didot kalau main ke sini tante bikinin , biar kamu makan berdua sama abang Aldri
.



IKAN KEMBUNG PESMOL

Bahan:
1/2 kg ikan kembung
garam merica secukupnya
air jeruk nipis
# lumuri ikan dengan bumbu, sisihkan.

Bumbu
7 bawang merah
4 bawang putih
3 butir kemiri
1 telunjuk kunyit
1 ruas jari jahe
1 telunjuk lengkuas
1 sereh
3 daun salam
jeruk nipis
10 cabe rawit
5 bawang utuh

Cara membuat:
1. Goreng ikan sampai matang.
2. Haluskan , bawang merah , bawang putih , kemiri dan kuyit.
3. Tumis bumbu halus bersama jahe, lengkuas, daun salam dan sereh,
sampai harum .beri garam dan merica, aduk rata.
4. Beri sedikit air dan jeruk nipis , aduk rata biarkan mendidih.
5.Cicipi bila rasa sudah pas dan enak, masukkan ikan , aduk sampai terselimut bumbu.
6. Angkat ikan, hidangkan.




Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...