Kamis, 18 November 2010

Loly loly


Tanggal 14 nov 2010 anak ku yang cowo ulang tahun, umur nya 10 tahun...Waktu aku tanya mau bawa apa ke sekolah untuk teman teman? Apa aja deh ma, semua bikinan mama enak koq. Duh rasa nya girang banget hahaha....Karena aku lagi kena serangan penyakit males jadi pengen bikin yang gampang dan bahan nya udah ada di rumah aja. Antara bikin kukis atau coklat ya ? Huaaaaa pasti nya coklat laaaa....



Mulai deh Aldri milih cetakan , untuk anak perempuan bunga lolypop. Nah untuk anak laki- laki dia bingung semua cetakan di keluarin dari box nya . Duh kalau dia pilih karakter huhu ribet deh bikin nya eh ternyata yang di pilih mr smiley hohoho good boy! Tau aja penyakit baking mama nya lagi akut males nya.

Yuk deh kita mulai, Pertama cincang coklat dan masuk kan ke dalam wadah stainles . Kemudian panaskan air dalam wadah/ panci kecil . Aku pakai kotak khusus untuk melelehkan coklat. Yang perlu di ingat jaga coklat supaya tidak terkena uap air panas atau cipratan air. Karena coklat bisa mengumpal.

Setelah coklat leleh masukkan ke plastik segitiga, dan gunting unjung nya, coklat siap di cetak. Untung hasil yang baik bersihkan cetakan dengan tisu supaya tidak ada noda yang menempel. Sebelum di pakai masukkan cetakan ke dalam frezer, supaya begitu coklat leleh di semprotkan ke dalam cetakan , dia akan cepat menjadi beku. Usahakan mengisi coklat serapi mungkin. Dan sesuai kan warna supaya coklat loly ini menarik untuk di santap.

Aku pakai merk mercolade untuk membuat coklat loly ini. Selain sudah ada warna dan rasa coklat merk ini juga tahan terhadap cuaca, maksudnya tidak gampang leleh jika coklat loly di simpan di suhu ruang. Tapi untuk membuat praline aku lebih suka merk tulip. Rasa coklat nya lumer di mulut. Banyak merk beredar di pasaran semua kembali ke selera kita masing masing. Aku bukan sales 2 merk tersebut loh ya...cuma sharing pengamatan aku saja.



Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...