Minggu, 21 November 2010

Fruit Danish



Sebenar nya bikin danish ini udah lama , tapi baru sempet di update sekarang ke blog. Semoga belum cerita basi deh . Aku emang suka sekali praktek bikin roti atau pastry ...senang aja kalau liat adonan yang ku bikin berhasil ngembang dan enak. Jadi ga perlu ikut ngantri beli roti di bakery mahal toh?

Kali ini aku bikin pakai resep hasil berguru ilmu di markas matraman walaupun hasil nya belum terlalu sempurna tapi udah bangga donk bisa menghasilkan pastry ala bakery. Untuk bikin pastry selain butuh tenaga kita juga butuh kesabaran extra. karena proses nya lama. Adonan harus bolak balik di istirahat di kulkas.



Untuk menggilas adonan kita harus bertenaga tapi lembut , Paling bagus pake rolling pin yang ada pegangan nya serta berat. Punya ku dari marmer. Itu membantu sekali, adonan cepat menjadi tipis. Cara menggilas nya di tekan ke arah depan dan belakang jangan ke arah samping ya. Setiap selesai di gilas dan di lipat istirahatkan adonan selama 15 menit di dalam frezzer. Fungsinya supaya adonan jadi rileks dan lentur.

DANISH PASTRY
Source : kursus ncc

Bahan :
600gr terigu protein tinggi
400gr terigu protein sedang
50gr susu bubuk
3 gr bread improver
1gr ragi instant
15gr garam
120gr gula pasir
100gr telur
400ml air es
150gr mentega
500gr korsvet / pastry margarine

Cara Membuat:
Aduk 2 macam tepung, susu, bread improver, ragi instant dan gula sampai rata.
Masukkan telur dan air es, uleni hingga tercampur. Baru masukkan garam dan mentega.
Uleni terus sampai adonan setengah kalis.

Bagi adonan jadi 2 bagian bulatkan , bungkus dengan plastik. Istirahat kan di freezer 10 menit
Bagi 2 korsevet. gilas pipih memanjang sambil di lapisi plastik. sisihkan

Ambil 1 bagian adonan danish memanjang ,letakkan pastry margarin di 2/3 panjang adonan. Lipat 1/3 yang tidak kena pastry margarine ke tengah, tumpuk dengan 1/3 adonan lagi di atasnya. itu di sebut lipatan single. Kalau bingung bisa intip di sini

Untuk lipatan double gilas adonan memanjang seperti tadi lipat adonan kanan dan kiri tepat di tengah. kemudian lipat lagi kedua nya ke tengah (jadi menumpuk ).

Lakukan lipatan hingga 3 kali. single double single..
Setiap selesai 1 lipatan istirahat kan adonan di freezer 15 menit.

Terakhir gilas adonan sampai tipis 4mm.. potong sedikit bagian atas dan bawah ( maksudnya supaya lipatan bisa mengembang). Adonan bisa di bentuk sesuai selera.

Setelah adonan selesai di bentuk taruh di atas loyang.
Kemudian fermentasi kan selama 30-40 menit di tutup dengan plastik ya.
Poles dengan telur . oven dengan suhu 200 derajat sampai matang.

* Yang aku bikin ini di bentuk kincir , setelah matang danish di semprotkan vla instant dan beri hiasan jeruk mandarin kalengan.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...