Kamis, 30 September 2010

Peanuts Cookies


Kue kacang ini termasuk kukis yang jadul, dan nggak pernah bosen untuk di nikmati. Dulu waktu aku kecil Uniang Asna ( adik ipar ibuku)selalu mengirim kue ini untuk nenek yg tinggal bersama kami. Tante ku ini masakan nya enak enak, kita selalu berebut kiriman makanan dari nya. Uniang selalu mengirim makanan dalam jumlah pas, semua satu rumah kebagian mencicipi tapi kalau ingin tambah ya tidak ada hahaha...

Kukis kacang ini salah satu kue andalan beliau. dulu aku tidak tertarik untuk mencoba membuat. Padahal ibu ku juga suka sekali kukis ini. Kan kalau ingin tiap lebaran pasti ada kiriman kue hahaa... Tapi sejak aku mulai berjualan cookies untuk lebaran tahun 98 uniang tidak pernah kirim kue kacang ini lagi. Mungkin karena beliau pikir sudah banyak kue kering buatan aku. Tapi ketupat ketan beliau alhamdulillah masih setia hadir di meja lebaran rumah tebet.

Menjelang lebaran tahun ini saat orderan kue kering sudah hampir selesai , aku sedang berpikir bikin kue kering apa untuk isi stoples di rumah tebet? Tiba tiba aku ingat kue kacang ini, tapi aku nggak pernah tau resep nya. langsung halo halo sepupuku di FB minta resep kue andalan ibunya. Di jawab ntar ya liat contekan dulu gw ngga hafal.

Ngga berapa lama muncul deh jawaban resep nya , dan ternyata semua bahan ada di rumah. Kayanya langsung di coba bikin aja . Mumpung belum belum pingsan liat jejeran kue kering . Siapkan semua bahan , dan bikin nya cukup di aduk rata saja. Cuma membentuk nya yang harus rada telaten karena adonan cukup buyar, jadi harus perlahan tapi pasti. Tapi untuk rasa juaraaaaa deh.. Jadi pengen masukin kue ini dalam list jualan.

Yang mau pesan silahkan deh ya hubungi saya.....

KUE KACANG
source : tante ku
Bahan:
250 gr kacang tanah , di oven atau sangrai baru haluskan
150 gr gula halus
350 gr tepung terigu
250ml-300ml minyak goreng
1/4sdt garam

Cara Membuat:
Aduk kacang tanah halus dan gula sampai rata, masukkan terigu, campur rata.
Tuang minyak goreng dan garam , aduk perlahan sampai jadi adonan yang bisa di pulung.
Ambil sedikit adonan , bulatkan .
Taruh adonan di loyang , pipihkan sedikit.
Oles permukaan kue dengan kuning telur, beri kacang di tengah. tekan sedikit.
Oven dengan temperatur 150 derajat.

Kemas di dalam stoples..

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...